Pengantar Internet & Web



Internet berasal dari kata Interconnected dan networking yang terdiri dari banyak subnetwork. Internet juga dapat diartikan sebagai request antara client dengan server. Perbedaan mendasar antara internet dengan web yaitu internet merupakan hardwarenya sedangkan web merupakan softwarenya. Adapun komponen dari internet antara lain yaitu Client (PC), server, modem, router, TCP/IP, dll.

Protokol TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) adalah sekelompok protokol yang mengatur komunikasi data komputer di Internet. Protokol dapat diartikan sebagai bahasa. TCP bertugas memastikan bahwa semua hubungan bekerja dengan benar. Sedangkan IP yang mentransmisikan data dari satu komputer ke komputer lain.


Layanan Internet antara lain yaitu World Wide Web atau yang biasa dikenal www, E-mail atau elektronik mail suatu cara yang memudahkan user dalam mengirim surat via elektronik, File transfer, chat dan Newsgroup. Disini akan dibahas lebih mendalam yaitu tentang Web/www.

World Wide Web (www atau web) adalah nama yang diberikan untuk semua bagian Internet yang dapat diakses dengan software web browser. Menurut Tim Berners-Lee, 1991web itu sendiri menggunakan konsep hyperlink. Web biasanya menggunakan port 80.

Download File Doc gratis di sini. Date upload: 19-Mar-2012 Size: 92.01 KB